Ini Sosok Inspiratif Guru Terbaik di Dunia yang Dapat Hadiah Rp 13 M

Foto: Global Teacher Prize
Foto: Global Teacher Prize
Foto: Global Teacher Prize



Seorang guru memenangkan Teacher Global Price dengan hadiah sekitar Rp 13 miliaran. Tentu saja guru tersebut bukan guru sembarangan. Ia punya kisah inspiratif yang bisa jadi teladan orang lain atau sesama pengajar. Intip cerita dan sosok guru yang berhasil mengalahkan 10,000 guru dari 179 negara tersebut.

Pemenang guru terbaik di dunia 2019 adalah Peter Tabichi dari Kenya. Pria tersebut mengajarkan ilmu sains di sebuah desa kecil di mana 95% warganya hidup dalam kemiskinan. Kegigihan pria ini dalam memberi ilmu kepada murid-muridnya memang luar biasa. Demi para siswa bisa mendapatkan pendidikan meski tidak punya banyak uang, ia menyumbangkan 80% penghasilan untuk kebutuhan akademis mereka.

Ini Sosok Inspiratif Guru Terbaik di Dunia yang Dapat Hadiah Rp 13 MFoto: YouTube
Kelas Peter Tabichi pun selalu penuh bahkan terlalu ramai. Bukan hanya karena Peter adalah guru favorit namun karena di sana tidak banyak sekolah. Ia pun kadang harus mengajar 80 siswa sekaligus dalam satu kelas.

Ini Sosok Inspiratif Guru Terbaik di Dunia yang Dapat Hadiah Rp 13 MFoto: YouTube
Kebanyakan murid Peter datang dari keluarga tidak mampu. Untuk pergi ke sekolah pun, mereka harus berjalan kaki hingga 4 mil. Karena itu, Peter sering mendukung mereka dengan memberikan buku dan seragam meski harus memakai gajinya sendiri. "Sekolah itu adalah di daerah terpencil. Kebanyakan murid datang dari keluarga miskin, bahkan untuk sarapan saja sulit," ungkapnya dilansir Bright Side.

Ini Sosok Inspiratif Guru Terbaik di Dunia yang Dapat Hadiah Rp 13 MFoto: YouTube
Meski sejumlah murid punya keterbatasan biaya, hal itu tidak menghalangi Peter dan para siswa. Bahkan beberapa murid Peter bisa mengikuti kompetisi sains tingkat nasional dan internasional. Banyak pula siswanya yang berhasil diterima di universitas berkat jasa Peter yang memberi pendidikan.

Ini Sosok Inspiratif Guru Terbaik di Dunia yang Dapat Hadiah Rp 13 MFoto: YouTube
Selain berusaha keras untuk memberi pengajaran, Peter juga bertekad untuk mengubah sudut pandang warga sekitarnya mengenai pendidikan untuk wanita. Di Kenya, banyak anak perempuan yang dinikahkan dari pada dikirim ke sekolah. "Sebagai guru yang bekerja di lini paling depan aku melihat potensi pada anak-anak muda, rasa penasaran mereka, talenta, kepintaran, dan kepercayaan mereka," ungkapnya.

"Sekarang sedang pagi di Afrika. Langit terlihat jernih. Hari masih pagi dan ada halaman kosong menunggu untuk ditulis. Ini adalah waktunya Afrika (bersinar). Anak muda Afrika tidak akan tertahan lagi karena ekspektasi rendah. Afrika akan memproduksi peneliti, insinyur, dan pengusaha yang namanya akan terkenal di semua sudut di dunia," kata Peter.

sumber: https://wolipop.detik.com/worklife/d-4515838/ini-sosok-inspiratif-guru-terbaik-di-dunia-yang-dapat-hadiah-rp-13-m



Share:

Arsip Blog

Recent Posts